Masjid Arrahmah, Masjid Terapung Yang Indah

Di kota Jeddah, Arab Saudi ada satu masjid yang mulai sejak dahulu jadi tempat favorite dikunjungi jemaah, yaitu Masjid Ar-Rahmah. Tetapi umumnya orang lebih mengetahui masjid ini sebagai Masjid Terapung lantaran tempatnya yang pas ada di pinggir Laut Merah hingga mengakibatkannya tampak seperti terapung diatas permukaan air laut.

Masjid Ar-Rahmah memanglah tak menaruh cerita histori spesifik yang terkait dengan perubahan Islam. Tetapi, tempatnya yang unik bikin masjid ini banyak mengundang rasa penasaran.

Beritanya, Masjid Terapung didirikan diatas tanah wakaf dari seseorang janda kaya raya yang disebut masyarakat asli setempat. Sesudah kematian sang suami,  wanita itu mewakafkan kekayaannya untuk bangun masjid ini Kubah Masjid Murah.

Keindahan Masjid Ar-Rahmah bisa disaksikan lewat taman di sekelilingnya yang menjorok ke laut. Masjid Terapung memiliki ukuran sekitaran 20 x 30 mtr..

Masuk kedalam masjid, kita bakal lihat banyak tulisan kaligrafi menghiasi beragam segi. Umumnya, sesudah lakukan salat atau beribadah yang lain, beberapa jemaah masjid bakal bersantai sesaat sembari nikmati panorama Laut Merah lewat pelataran masjid.

Dari masjid ini, kita bisa dengan senang melihat pemandangan indah Laut Merah yang legendaris itu. Laut yang pernah terbelah akibat kehebatan tongkat Nabi Musa. Di laut ini juga Firaun berbarengan bala tentaranya pada akhirnya binasa ditelan gelombang.