Aceh

Motor Yamaha XMAX 125

 

Aceh
BACA JUGA : Kode Pos

Aceh (Atjeh atau Acheh) adalah sebuah provinsi di Indonesia. Wilayahnya terletak di ujung utara Sumatera. Ibukotanya adalah Banda Aceh. Hal ini dekat dengan Andaman dan Nicobar Islands of India dan dipisahkan dari mereka oleh Laut Andaman. Penduduknya memiliki persentase Muslim tertinggi di Indonesia, yang sebagian besar hidup menurut hukum dan hukum Syariah.

Ada 10 kelompok etnis asli di wilayah ini, yang terbesar adalah masyarakat Aceh, terhitung sekitar 80% sampai 90% dari populasi wilayah ini. Aceh dianggap sebagai tempat penyebaran Islam di Indonesia, dan merupakan faktor kunci penyebaran Islam di Asia Tenggara. Islam mencapai Aceh (Kerajaan Penggemar dan Lamuri) sekitar tahun 1250 Masehi. Pada awal abad ketujuh belas, Kesultanan Aceh adalah negara yang paling kaya, berkuasa dan berkultivasi di wilayah Selat Malaka. Aceh memiliki sejarah kemerdekaan politik dan perlawanan untuk dikendalikan oleh pihak luar, termasuk mantan penjajah Belanda dan pemerintah Indonesia.

Aceh memiliki sumber daya alam yang substansial dari minyak dan gas bumi dengan beberapa perkiraan bahwa cadangan gas Aceh adalah salah satu yang terbesar di dunia. Sehubungan dengan sebagian besar wilayah Indonesia, ini adalah daerah konservatif yang religius. [4] Aceh adalah wilayah yang paling dekat dengan episentrum gempa dan tsunami Samudra Hindia tahun 2004, yang menghancurkan sebagian besar pantai barat provinsi ini. Sekitar 170.000 orang Indonesia terbunuh atau hilang dalam bencana tersebut. [5] Bencana tersebut membantu mempercepat kesepakatan damai antara pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Aceh pertama kali dikenal sebagai Aceh Darussalam (1511-1959) dan kemudian sebagai Daerah Istimewa Aceh (1959-2001), Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009) dan Aceh (2009-sekarang). Ejaan masa lalu di Aceh meliputi Acheh, Aceh, dan Achin.

BACA JUGA : Kode Pos Kota